Hedon Motor Sport - Resmi sudah dan tidak ada lagi rumor atau teka-teki soal pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda Team dengan pengumuman masuknya Alex Marquez yang akan bertandem dengan sang kakak dalam kontrak 1 tahun untuk MotoGP musim 2020 nanti. Pengumuman ini sekaligus menutup pintu bagi Johann Zarco atau rider LCR Team untuk bisa naik ke team pabrikan Honda di MotoGP musim 2020 mendatang.


Marc Marquez mengaku bahwa dirinya tidak mencampuri sama sekali keputusan Honda Racing Corporation untuk mengontrak Alex Marquez di Repsol Honda, namun memang sudah bukan rahasia lagi bila Honda ingin mempertahankan Marc pasca 2020, salah satu caranya adalah dengan membuatnya merasa happy bersama Honda di musim 2020, karena kontrak ‘The Alien’ akan habis di akhir tahun depan. Sudah sejak lama Marc mengatakan bahwa [salah satu] keinginan terbesarnya di MotoGP adalah berbagi garasi dengan Alex Marquez.


‘Pintu’ tersebut sejatinya baru akan tersedia pada tahun 2021 di Repsol Honda mengingat akhir kontrak Jorge Lorenzo berakhir musim depan, bila segala sesuatu berjalan dengan ‘normal’. Tetapi keputusan pensiun dari Jorge di 2019 membuat kesempatan emas slot/kursi kosong di Repsol Honda team untuk Alex terbuka lebih awal, jauh lebih awal.

Statement dari Honda terkait kontrak Alex Marquez; “Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan juara dunia dua kali, Alex Marquez. Pembalap muda asal Spanyol itu akan bergabung dengan Tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun. Dia akan pindah dari kelas intermediate untuk tandem bersama juara dunia 8 kali, Marc Marquez pada tahun 2020 untuk musim debutnya di kelas utama di atas Honda RC213V.”


Alex saat ini tengah dipersiapkan untuk melakukan debut penuh MotoGP di Valencia pada hari Selasa dan Rabu ini. Namun, dikabarkan Alex akan ditempatkan di tim LCR untuk sesi test awal hari ini, mungkin dirinya akan memakai RC213V 2018 bekas Nakagami / Zarco terlebih dahulu untuk proses adaptasi, sementara test rider HRC Stefan Bradl akan bergabung dengan Marc di Repsol Honda untuk melanjutkan pekerjaan pada paket prototype 2020. Proses adaptasi memang diperlukan meskipun Alex sudah pernah icip-icip RC213V di Valencia ketika tahun 2014 silam.

Sedangkan berita untuk Zarco sampai artikel ini dipublikasikan, dirinya masih didekati oleh Ducati. Terlihat Paolo Ciabatti tengah meyakinkan Zarco bahwa ia akan mendapatkan paket motor terbaik dari Ducati jika ia menerima tawaran kursi di team Avintia Racing pada 2020 mendatang. Meskipun Zarco masih merasa bahwa pindah ke team dengan motor Ducati sama saja dengan kembali membalap dengan motor KTM.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama