Hedon Motor Sport - Tidak hadir di event akbar Tokyo Motor Show 2019, sepertinya next Superbike Honda CBR1000RR Fireblade dijadwalkan untuk dirilis pada event EICMA Milan 2019 bulan depan. Beberapa desain paten dari motor superbike yang akan di besut Alvaro Bautista di musim WSBK 2020 itu pun sudah banyak hadir. Mulai dari desain Variable Valve sampai dengan kehadiran aero-wing pada fairing samping kiri dan kanan.


Berdasarkan gambar-gambar yang telah muncul di Twitter milik Nobu san yang diambil dari sirkuit Suzuka Jepang, menunjukkan sosok motor yang disinyalir kuat sebagai Honda CBR1000RR Fireblade 2020 dan menurutnya, saat itu sosok motor dengan balutan stiker kamuflase tersebut sedang menjalani uji coba di track berbarengan dengan Honda Fireblade spek JSB1000 (Japan Superbike) yang sudah dipakai balap musim ini.


Dalam foto di atas, kita dapat dengan jelas melihat fitur-fitur ‘ventilasi’ pada sisi kanan kiri motor ini dan jika cocok dengan bocoran info dan gambar yang telah didaftarkan pada lembaga paten, maka inner winglet tersebut merupakan perangkat aerodinamika aktif, yang fungsi/tujuannya untuk menjaga handling motor agar tetap terkendali dan juga membantu memberikan lebih banyak grip ban ke permukaan aspal/jalan.


Lalu perbedaan yang signifikan lainnya adalah lubang Ram Air yang pada Fireblade generasi sebelumnya terletak di sebelah luar headlight kanan kiri sedangkan di calon New Fireblade ini hanya ada satu di tengah. Sepertinya akan punya kemiripan dengan CBR600R sih bagian mukanya.


Jika diperhatikan dari sudut pandang dari sisi samping terlihat banyaknya perbedaan calon New Fireblade ini dengan current Fireblade. Hmm, coba TMCBlog cocokkan dengan Fireblade spek JSB yang berada di tempat dan waktu yang sama dengan calon New Fireblade ini. Karena motor yang diuji ini merupakan motor balap, maka apple to apple menyandingkannya dengan Fireblade balap saat ini.


Sasis utama jelas berbeda, new Fireblade sasisnya lebih besar. Terlihat pada bagian dekat pivot swing-arm yang lebih lebar. Lalu baut mounting mesin juga posisinya berbeda, indikasi kuat bahwa mesinnya akan benar-benar baru meski masih akan berkonfigurasi 4 silinder segaris. Swing-arm juga sudah tentu berbeda dari generasi sebelumnya, namun bisa hampir dipastikan bahwa unit swing-arm CBR Fireblade terbaru untuk WSBK nanti akan menganut model under brace. Sedangkan untuk versi produksi massalnya akan terlihat seperti gambar spyshot ini. Yah setidaknya banyak kemiripannya deh sob. Bagian suspensi depan memakai Showa jika ditinjau dari warna dan model serta posisi tabung piggyback bewarna merah anodize tersebut. Berbeda dengan suspensi yang CBR JSB gunakan yakni Ohlins.


Sementara itu masih belum jelas mengenai spesifikasi mesinnya, karena new Fireblade nantinya merupakan motor yang bisa dibilang benar-benar baru dengan segala perubahan di segala sisi. Kalau mau prediksi sih, muntahan tenaga inline-4 sebesar 190 Hp harus menjadi standar kalau mau bersaing ketat dengan Ducati Panigale V4, Kawasaki ZX-10R, Yamaha R1M dan bahkan BMW S1000RR generasi anyar.


Buat sobat yang kepo sama siapa sih rider yang terjepret pada foto-foto pengetesan ini, besar kemungkinannya ia adalah Stefan Bradl jika dilihat dari racing suit Dainese dengan nomor milik Niky Hayden di punuknya dan juga memakai helm Xlite 803-RR. Hal ini Juga Klop dengan apa yang dikatakan Oleh Alberto Puig Tempo hari ketika LCR meminta Bradl Sebagai pengganti dari Taka Nakagami. Permintaan tersebut ditolak karena Bradl sedang sibuk melakukan beberapa Percobaan Test buat Honda/ HRC, ini kah sang  V Tech Superbike tersebut ?




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama