Honda ADV 150 Foto : kumparan.com

Hedon Motor Sport - Belum lama ini hadir Skutik baru yang bergenre tidak seperti skutik - skutik biasa nya. Lahir dengan mewarisi DNA X-ADV yang mengusung mesin 750 cc. ADV 150 pun dipastikan bakal memperkuat posisi AHM di segmen skutik 150 cc.

Secara tampilan, desainnya sangat kental dengan gaya kakak nya si X-ADV 750. Pada bagian lampu depan dan belakang sudah memakai LED, ditambah sentuhan Daytime Running Light (DRL) menambah kesan futuristik motor ini. Bagian lampu sein juga sudah terpisah seperti motor sport pada umumnya.

Pada kaki-kaki ADV 150 menggunakan velg depan berukuran 2,5 inci dengan ring 14 di balut ukuran ban 110/80, sementara pada velg belakang memakai profil ban 130/70 dengan model ban dual purpose.

Kali ini HMS ingin mencoba review sedikit tentang Honda ADV 150 ini. Karena peminat yang mungkin cukup banyak untuk motor teranyar ini. Yuk disimak beberapa review nya.

Posisi Berkendara


Kita mulai dari posisi berkendara terlebih dahulu ya. Secara keseluruhan ADV 150 memiliki body yang cukup besar dari motor skutik - skutik 150cc lainnya.

Secara dimensi, Honda ADV 150 lebih  besar dari Honda PCX 150. Dan ADV 150 ini cukup tinggi, sehingga untuk yang tinggi badan nya di bawah 170cm , sedikit sulit untuk menapakan kaki di tanah. Namun jangan takut, dengan bentuk Jok yang di buat sedikit lancip pada bagian depan, itu akan membantu untuk rider yang memiliki tinggi sedikit terbatas. hehehe... :p

Untuk posisi tangan saat berkendara, Bentuk setang yang cukup lebar dan lurus dengan posisi badan,  membuat pengalaman berkendara terasa nyaman dan tidak pegal. Sangat cocok untuk penikmat touring atau perjalanan jauh.

Visibilitas



Mengusung tema adventure, ADV 150 sudah dibekali dengan fitur Wind Screen yang dapat diatur. Namun hanya ada 2 tipe, tinggi atau rendah). Disayangkan pengoperasian masih menggunakan sistem manual alias tidak elektrik.

Pandangan ke depan cukup luas dan sempurna. Nuansa motor adventure sangat terasa pada motor ini, karena penggunaan setang model terbuka. Lebih tepat nya Adventure Sport, karena pada bagian panel speedometer sudah full digital.

Akomodasi 


Untuk kapasitas penyimpan barang pada bagian bawah jok, Honda ADV 150 lebih unggul dari kompetitornya, yaitu Yamaha NMax, maupun keluarganya pada Honda PCX. Penyimpanan nya  berkapasitas 28 liter, namun untuk penyimpanan helm berjenis fullface belum terakomodasi. Selain di bawah jok, juga terdapat penyimpanan barang di bagian sebelah kiri depan motor, cukup memuat gadget dan barang kebutuhan lainnya.

Handling & Suspensi


Honda ADV 150 dibekali suspensi depan teleskopik dan pada bagian belakang menggunakan dual suspensi bertabung dengan buatan Showa. Untuk kekerasan suspensi belakang bisa dikatakan cukup nyaman. Suspensi yang dibuat tidak keras dan tidak terlalu terlalu empuk ini membuat handling ADV 150 dikategorikan cukup baik.

Sistem Pengereman

Untuk pengereman pada Honda ADV 150 sudah di lengkapi dengan ABS. Tentu saja Honda mengeluarkan juga yang non ABS (ADV 150 ISS). Sangat di sayangkan, untuk sistem ABS pada Honda ADV 150 ini hanya di lengkapi pada bagian depan saja.


Performa 

Bila mengacu pada data spesifikasi, Honda ADV 150 menggunakan mesin 149,3 cc, SOHC 2 katup berpendingin cairan. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 14,4 HP di 8500 rpm dan torsi maksimal 13,8 nm di putaran mesin 5000 rpm. Artinya, ada penurun tenaga sebanyak 0,2 dk namun torsinya naik sebanyak 0,6 nm, jika dibandingkan dengan honda PCX. 

Menggunakan sistem pengabutan full injection, membuat performa Honda ADV 150 cukup responsif.

Setelah kami mencoba motor ini, memang benar tenaga langsung terisi dari putaran bawah, namun kami belum bisa menguji untuk putaran mesin dari tengah ke atas, karena terbatasnya trek test ride.

Melewati trek meliak-liuk motor ini cukup dapat diandalkan.  Tidak ada gejala selip, ataupun kehilangan grip pada aspal. Ukuran profil ban yang besar semakin membuat handling motor ini terasa nyaman. Jadi untuk di daily use dalam perkotaan sangat cocok.


Fitur

Mari kita bahas soal fitur yang ada pada motor ini. ADV 150 sudah menggunakan full digital panel meter yang berisi informasi cukup lengkap seperti, indikator baterai, informasi suhu kendaraan, odometer, trip A, trip B, dan rata-rata konsumsi bahan bakar.

Honda ADV 150 juga dilengkapi dengan Emergency Stop Signal (ESS) yang berguna saat keadaan darurat. Lampu hazard akan menyala secara otomatis bila pengendara melakukan pengereman mendadak. Tujuannya agar pengendara di belakang bisa mengantisipasi untuk melakukan pengereman. Dan untuk fitur ESS ini menurut saya cukup mewah pada skutik 150cc ini.

Honda ADV 150 ini sudah tidak menggunakan anak kunci alias keyless, dengan tombol putaran untuk menyalakan mesin. Di smart key terdapat fitur answer back system dan alarm, tentunya semakin meningkatkan keamanan.


Kesimpulan

Untuk kesimpulan nya, Honda ADV 150 cukup nyaman untuk di kendarai dalam kota atau pun perjalanan jauh.

Untuk tipe ABS, Honda ADV 150  punya dua warna, yaitu Advance Red dan Advance White. Sedangkan untuk tipe ISS menyediakan empat warna yakni, Tough Matte Brown, Tough Matte Black, Tough Red, dan Tough White.

Menurut HMS kelebihan nya adalah motor Honda ADV 150 ini sangat kaya akan fitur, yang pasti nya belum kita temui di jajaran skutik 150cc ini dan dari segi penampilang ini sangat eye catching.

Untuk kekurangan nya, dari segi performa masih lemot di banding saudara nya PCX atau karena tampilan nya yang sudah sangar dan terlalu berlebihan ekspektasi nya hehehe... :p

Demikian sedikit review dari kami tentang Skutik Teranyar dari Honda, yaitu ADV 150.
Semoga sedikit banyak dari review ini dapat membantu kalian yang masih bingung tentang motor ini dan masih galau ingin meminang nya atau tidak :p
Salam Hedon Motor Sport

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama